5 Pahlawan Bangsa, yang juga seorang dokter

 5 Pahlawan Bangsa, yang juga seorang dokter

Pahlawan Indoensia, Di masa penjajahan siapa pun ingin ikut berjuang agar Indonesia merdeka, tak terkecuali para pemuda yang menyandang gelar dokter. Berikut ini para dokter yang menyandang pahlawan nasional, yang dikutip dari berbagai sumber:



1.  dr.Wahidin Soedirohusodo

Dokter satu ini adalah lulusan STOVIA Jakarta yang senang bergaul dengan rakyat biasa. Ia pun kerap mengobati rakyat tanpa memungut biaya. dr.Wahidin Soedirohusodo tahu penderitaan, terbelakang serta tertindasnya rakyat akibat penjajahan Belanda. Menurutnya, salah satu cara terbebas dari penjajahan adalah rakyat harus cerdas.


2.  dr.Radjiman Wedyodiningrat

Kanjeng Raden Tumenggung Radjiman Wedyodiningrat berhasil mendapat gelar dokter diusia 20 tahun dan usia 24 tahun meraih gelar Master of Art. Radjiman memilih menjadi dokter karena keprihatinannya melihat masyarakat Ngawi kala itu dilanda penyakit pes. Ia pun belajar secara khusus ilmu kandungan untuk menyelamatkan generasi ke depan, karena banyak ibu-ibu yang meninggal usai melahirkan.


3.  Dr.Sutomo

Dr.Sutomo lahir di desa Ngepeh, Jawa Timur dengan nama asli Subroto. Ketika belajar di STOVIA Jakarta, bersama rekan-rekannya mendirikan organisasi Budi Utomo, atas gagasan dr. Wahidin Soedirohusodo.Pada 1911 lulus dari STOVIA, dan bertugas sebagai dokter di Semarang. Kemudian ia dipindah tugas ke Tuban, Lubuk Pakam, dan akhirnya ke Malang. Di sana ia membasmi wabah pes.


4.  Dr.Tjipto Mangoenkoesoemo

Dr.Tjipto Mangoenkoesoemo merupakan dokter profesional yang lebih dikenal sebagai tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia. Ia menjadi salah satu pendiri Indische Partij, organisasi partai pertama yang berjuang mencapai Indonesia merdeka. Ia banyak melakukan perjuangan melalui tulisan-tulisan yang mengkritik pemerintah Belanda di Indonesia.


5.  drg.Moestopo

Lahir di Kediri, Jawa Timur, Profesor Moestopo mengenyam pendidikan dokter gigi di Surabaya. Mulanya ia hanya sebagai praktisi, namun pada 1942 Moestopo ditangkap oleh Kempeitai karena mencurigakan. Setelah bebas, ia pun bekerja sebagai dokter gigi untuk Jepang. Namun akhirnya ia memutuskan untuk berlatih untuk menjadi seorang perwira tentara.


Kesimpulannya

Nah, itulah beberapa daftar para pahlawan nasional yang menginspirasi bagi bangsa Indonesia. Dari daftar diatas apakah masih ada yang belum Grameds ketahui? Sebenarnya masih ada banyak lagi para pahlawan nasional Indonesia yang menginspirasi, daftar diatas hanya sebagian saja. Dari daftar para pahlawan di atas apakah sekarang Grameds sadar bahwa ternyata kita memiliki orang-orang hebat yang telah membangun bangsa Ini.

Sebagai warga negara Indonesia kita patut bangga dan bersyukur berada dalam bangsa yang tumbuh dengan baik berkat orang orang inspiratif di belakangnya. Mungkin saat di bangku sekolah kita pernah merasa bosan belajar sejarah, termasuk mengenal para pahlawan nasional ini. Namun perlu Grameds ketahui bahwa kisah-kisah mereka bisa dijadikan teladan sekaligus sumber inspirasi, misalnya kita jadi tidak mudah menyerah, saling tolong menolong, saling menghargai, dan nilai-nilai positif lainnya.

Itulah sebabnya kita perlu terbiasa dengan sejarah sedini mungkin. Meskipun pelajaran sejarah terkesan serius dan kaku, tetapi Grameds tidak perlu khawatir karena Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas memiliki koleksi buku sejarah untuk anak-anak yang menarik dan mudah dipahami.

Buku sejarah ini akan sangat membantu, terutama anak-anak untuk mulai mengenal dan belajar sejarah Indonesia melalui seorang tokoh pahlawan. Hal ini juga mampu memberikan mereka motivasi dan nilai-nilai positif yang mudah dipahami. Koleksi buku-buku untuk sejarah anak-anak lengkap dalam seri pahlawan nasional berikut ini, bisa kalian lihat di sini.
Semoga bermanfaat!

Comments

Popular posts from this blog

Sejarah Indonesia Tentang Pahlawan Nasional Terbaik Yang Pernah Ada